Kamis, 19 Oktober 2017

Makalah tentang knalpot racing


KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul “Knalpot Racing” tepat pada waktunya.
Kami menyadari bahwa Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan Makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi segala usaha kita, Amin.








DAFTAR ISI
Cover ………………………………………………………………………………………... 1
Kata Pengantar ……………………………………………………………………………… 2
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………. 3
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ……………………………………………………………………… 4
B.     Rumusan Masalah …………………………………………………………………... 5
C.     Manfaat Penelitian ………………………………………………………………...... 5
BAB II METODE PENELITIAN
A.    Metode ……………………………………………………………………………… 6
B.     Sempel ……………………………………………………………………………… 6-11
BAB III ISI
A.    Pembahasan ………………………………………………………………………… 12-13
B.     Hipotesis …………………………………………………………………………... 14
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan …………………………………………………………………………. 15
B.     Saran ………………………………………………………………………………... 15
LAMPIRAN
A.    Foto-foto ……………………………………………………………………………. 16-17










BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pada saat ini penggunaan sepeda motor semakin meningkat kebutuhan alat transportasi ini sangat membantu aktifitas dan rutinitas sehari-hari. Dengan sangat pentingnya alat transportasi ini maka masyarakat akan memilih kendaraan yang mempunyai tenaga besar dan irit bahan bakar. Modifikasi di bidang otomatif mengalami perkembangan yang sangat pesat dan beragam, hampir semua sistem dalam teknologi otomotif baik sepeda motor maupun mobil mengalami sentuhan modifikasi. Modifikasi bidang otomotif yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan unjuk kerja yang lebih baik dari semua sistem kerja otomotif.
Dari sistem kerja yang standar, merubah spesifikasi komponen ataupun dengan cara memberi komponen tambahan. Mesin sepeda motor standar di Indonesia rata-rata berkapasitas 135 cc sampai 150 cc. Bagi pemilik sepeda motor yang memiliki  kapasitas sepeda motor 135 cc masih merasa kurang bertenaga terutama untuk kaum muda, dimana motor 2 langkah komponennya lebih sederhana dan performanya lebih besar dari motor 4 langkah oleh karna itu motor 2 langkah lebih cocok untuk balapan. Bisa diambil alternative memodifikasi kapasitas mesinnya dengan mengganti komponen milik motor lainnya atau saling subtitusi.
Di dunia industri otomotif di masa sekarang banyak menawarkan komponen-komponen otomotif dalam pasaran sekara dengan banyak dijumpai komponen seperti 2 kabulator dan CDI racing semua komponen-komponen tersebut yang pastinya bertujuan meningkatkan performa mesin. Akan tetapi bagaimana kalau komponen-komponen tersebut dipasang pada knalpot standard dan racing apakah masih memadai. Kebanyakan pemakai belum mengetahui sebab akibat baik dari segi positif dan negatifnya dari pergantian komponen tersebut. Dengan pergantian sistem suplai bahan bakar maka campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar akan semakin banyak. Campuran udara dan bahan bakar yang masuk pada ruang bakar harus terbakar sempurna karena apabila tidak terbakar dengan sempurna akan banyak meninggalkan gas buang dalam silinder dan akan mengganggu pembakaran selanjutnya.
Dari pembakaran yang tidak sempurna tenaga yang dihasilkan tidak sesuai dengan pemasukan bahan bakar. Demi mendapatkan pembakaran yang sempurna maka sistem pengapian harus diperbesar pula. Dengan sistem suplai bahan bakar dan pengapian yang seimbang diharapkan pembakaran yang terjadi sempurna. Maka dengan alasan tersebut dalam tugas akhir ini akan menganalisa pengaruh pengapian sistem suplai bahan bakar dan komponen pengapian terhadap daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar motor dua langkah 135 cc.




B.     Rumusan Masalah
1.      Mengetahui mengapa seseorang memilih untuk memodifikasi knalpot motornya?
2.      Mengetahui apa tujuan menggunakan knalpot modifikasi?
3.      Bagaimana memodifikasi suatu knalpot terhadap beberapa jenis sepeda motor?
4.      Apakah suara knalpot yang sudah di modifikasi itu tidak terganggu?
5.      Bagaimana dengan polusi yang ditimbulkan, apakah lebih sedikit atau bahkan lebih banyak?
6.      Seberapa jauh pengetahuan tentang UU yang mengatur tentang lalu lintas?
7.      Bagaimana kelebihan knalpot modifikasi?
8.      Bagaimana kekurangan knalpot racing?
9.      Bagaimana pendapat seseorang tentang UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan umum?

C.     Manfaat
1.  Untuk menambah pengetahuan ilmu teori maupun praktek dalam wawasan mengenai motor
2.  Agar masyarakat sadar akan adanya peraturan
3.  Untuk menambah wawasan penulis dan pembaca pada kinerja knalpot standar dan racing










BAB II
METODE PENELITIAN
A.    Metode Penelitian
Metode Penelitian yang kita gunakan adalah survey dan wawancara di SMK Nasional
B.     Sampel
Sempelnya adalah siswa SMK Nasional

X TSM 1
NAMA
PAKAI
TIDAK
Agustina Putra S
ü   

Aditya Saputra D
ü   

Ridwan Aziz
ü   

Muhammad Aldian

ü   
Bayu Erlangga
ü   

Akhtar Wahfi

ü   
Rizal Setiawan

ü   
Andri Kusuma

ü   
Muhammad Putra
ü   

Bayu Andhika
ü   

Febrian Isa Kusumo

ü   
Hermawan

ü   

X TSM 2
NAMA
PAKAI
TIDAK
Badilla Agus

ü   
Gilang Ramadhan
ü   

Egi Agestu
ü   

Sugestiyo
ü   

Andhika Aziz Ramadhan
ü   

Fahri Abas

ü   
Faiz Nurahad

ü   
Aditya Tama Pratama
ü   

Bagas Kusdiantoro

ü   
Muhammad Ichsan Nudin
ü   


X TKJ 1
NAMA
PAKAI
TIDAK
Adrian Saputra

ü   
Arfan Didaya
ü   

Gusti Cahya Abadi
ü   

Indra Cahya

ü   
Fahmi Dito

ü   
Tri Aditya Gunandri

ü   
Muhammad Rifaldi

ü   
Muhammad Aldi Isak
ü   

Wening Cindy
ü   


X TKJ 2
NAMA
PAKAI
TIDAK
Abdullah Handika
ü   

Ahmad Sofian

ü   
Arya Widata

ü   
Gunawan Ahmad

ü   
Kemal Aditya

ü   
Faisal Achmad

ü   
Muhammad Bari

ü   
Muhammad Ahmadi
ü   

Rahmat Fadilla

ü   



XI TSM 1
NAMA
PAKAI
TIDAK
Adrian Norvin

ü   
Egi Agestu
ü   

Suryo Asmoro
ü   

Badilla Agus

ü   
Juan Nick Immanuel
ü   

Rezha Fajrian
ü   

Dwi Andri Pratama

ü   
Muhammad Aksan Sundari

ü   
Muhammad Nairul Barokah
ü   

Suryo Tri Mulyo

ü   

XI TSM 2
NAMA
PAKAI
TIDAK
Abdullah Azzam R
ü   

Bagas Abimanyu
ü   

Bondan Wisnu
ü   

Danny Wahyudi
ü   

Dandy Dwi Satyo

ü   
Rifqi Senatria

ü   
Bagas Kusdiantoro

ü   
Fairus Aditya
ü   

Galang Pratama

ü   
Fardhan Mustagfier
ü   


XI TKJ 1
NAMA
PAKAI
TIDAK
Ahmad Rifadi

ü   
Ikhsan Kamal
ü   

Ade Selamet

ü   
Dimas Soeryo

ü   
Farhan Yusuf
ü   

Faris Ramadhan Kusuma
ü   

Tanzil Wildani Sidiq
ü   

Aldi Sasongko
ü   

Tengku Mochamad Rizki
ü   

Indra Kelana

ü   

XI TKJ 2
NAMA
PAKAI
TIDAK
Adam Adhika S
ü   

Alviananto Eka P

ü   
Refka Adytya Pratama
ü   

Noufadys Rizki
ü   

Darmawangsa Wijaya
ü   

Elmir Maddanatja

ü   
Ilham Adi Putra
ü   

Muhammad Iqbal

ü   
Remon Somari
ü   

Katon Suryana

ü   

XII TSM 1
NAMA
PAKAI
TIDAK
Askar Indra
ü   

Agam Begawan
ü   

Budiman Putra

ü   
Bahrie Ahsan
ü   

Bahtiar Jiffy
ü   

Daffa Ibnu

ü   
Daris Tamim
ü   

Abdu Ariqin

ü   
Ghafar Arief

ü   
Irfan Yusran

ü   
XII TSM 2
NAMA
PAKAI
TIDAK
Abu Dzar
ü   

Bahru Ayad
ü   

Iqbal Arkab G
ü   

Jamal Jawahir

ü   
Fajar Raditya
ü   

Ivan Radtya Pratama

ü   
Yazid Syarief
ü   

Syarafi Bamz
ü   

Yafiq Annadim

ü   
Rafif Muhammad

ü   

XII TKJ 1
NAMA
PAKAI
TIDAK
Abdul Rahman Hafiz
ü   

Abdullah Abid

ü   
Bagas Putra Ahmad

ü   
Elkar Kaisar
ü   

Muhammad Rizki Saputra

ü   
Daffa Rajiman Dji

ü   
Burhanuddin

ü   
Bisyrun Bisyari
ü   

Yusuf Zafir

ü   
Ahmad Zuhair
ü   


XII TKJ 2
NAMA
PAKAI
TIDAK
Abdul Muhaimin
ü   

Busran Azmi Azri

ü   
Badrun Azman

ü   
Hamdi Hamiz Ahmad

ü   
Hamzi Indrawan
ü   

Saifullah Sajid S
ü   

Saifuddin Shobir

ü   
Raiyan Rais
ü   

Rafiqin Rafiuddin

ü   
Irfan Lizam B
ü   














  
BAB III
PEMBAHASAN

A.    Pembahasan
Berikut adalah table yang menggunakan knalpot racing:
NAMA
KEBANGGAAN MEMAKAI KNALPOT RACING
IYA
TIDAK
Agustina Putra S
ü   

Aditya Saputra D
ü   

Ridwan Aziz
ü   

Bayu Erlangga
ü   

Muhammad Putra
ü   

Bayu Andhika

ü   
Gilang Ramadhan
ü   

Egi Agestu
ü   

Sugestiyo
ü   

Andhika Aziz Ramadhan

ü   
Aditya Tama Pratama
ü   

Muhammad Ichsan Nudin
ü   

Arfan Didaya
ü   

Gusti Cahya Abadi

ü   
Muhammad Aldi Isak
ü   

Wening Cindy
ü   

Abdullah Handika
ü   

Muhammad Ahmadi
ü   

Egi Agestu
ü   

Suryo Asmoro

ü   
Juan Nick Immanuel
ü   

Rezha Fajrian

ü   
Muhammad Nairul Barokah
ü   

Abdullah Azzam R

ü   
Bagas Abimanyu
ü   

Bondan Wisnu
ü   

Danny Wahyudi
ü   

Ikhsan Kamal
ü   

Farhan Yusuf

ü   
Faris Ramadhan Kusuma
ü   

Tanzil Wildani Sidiq

ü   
Aldi Sasongko
ü   

Tengku Mochamad Rizki
ü   

Adam Adhika S
ü   

Refka Adytya Pratama

ü   
Noufadys Rizki
ü   

Darmawangsa Wijaya
ü   

Ilham Adi Putra
ü   

Remon Somari

ü   
Askar Indra
ü   

Agam Begawan

ü   
Bahrie Ahsan
ü   

Bahtiar Jiffy
ü   

Daris Tamim
ü   

Abu Dzar
ü   

Bahru Ayad

ü   
Iqbal Arkab G
ü   

Fajar Raditya

ü   
Yazid Syarief
ü   

Syarafi Bamz
ü   

Abdul Rahman Hafiz
ü   

Abdullah Abid
ü   

Elkar Kaisar
ü   

Daffa Rajiman Dji
ü   

Bisyrun Bisyari
ü   

Yusuf Zafir
ü   

Ahmad Zuhair
ü   

Abdul Muhaimin
ü   

Hamzi Indrawan

ü   
Saifullah Sajid S
ü   

Raiyan Rais
ü   

Irfan Lizam B

ü   

B.     Hipotesis
Kemungkinan yang di dapat adalah semakin banyak para knalpot racing sehingga menyebabkan para masyarakat kurang patuh terhadap undang-undang yang berlaku
  








BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Kebanyakan dari mereka menggunakan knalpot racing, hanya untuk bergaya, ikut komunitas, ikut-ikutan temannya, dll. Tujuan dari  mereka yang menggunakan knalpot racing hanya untuk memuaskan keinginan memodifikasi motornya atau hanya untuk terlihat keren, mereka yang menggunakan knalpot racing rata-rata tau jenis knalpot apa yang digunakan untuk jenis motornya. Mereka pun sebenernya tahu bahwa knalpot yang mereka gunakan menggangu, dan polusi yang dihasilkan pun tergantung mesin yang digunakan.
Para pengguna knalpot racing pun tidak mengetahui bahwa ada Undang-Undang yang mengatur tentang knalpot yang mereka gunakan, menurut mereka kelebihan dari knalpot racing yaitu hemat bensin, tidak berasap, dan kekurangannya jika dibawa untuk melaju kencangannya menimbulkan keberisikan, dan menurut Undang-Undang yang berlaku sangat mengganggu, merepotkan, karna sering ditilang dan berujung opnum polisi meminta uang damai.

B.     Saran

Sebaiknya polisi atau petugas menindak lanjuttin knalpot racing dengan serius, dan apabila menurut para pemakai knalpot  racing Undang-Undang yang mengatur merepotkan maka sebaiknya kalian jangan menggunakan knalpot racing






 











 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar